Sabtu, 20 Februari 2010

Hemat Listrik, Dinginkan Bumi






Enggak susah kok, untuk mulai menyayangi bumi dan menjaganya supaya tetap "hijau". salah satunya dengan melakukan aksi hemat listrik. kenapa? Karena, listrik yang kita pakai sehari-hari ternyata dihasilkan oleh pembangkit listrik berbahan bakar fosil. Padahal, pembakaran ini juga menghasilkan emisi karbondioksida (CO2), zat penyebab pemanasan global. Parah, ya?


1. Peringatan ini memang terdengar klise tapi besar banget dampaknya kalau kita lakukan. Yup, pakailah lampu dengan bijak! Lakukan cara-cara sederhana misalnya, mematikan lampu saat tidak dipakai atau menggunakan sinar matahari di siang hari. Jangan lupa juga untuk rajin membersihkan lampu, karena debu yang menempel di sana bisa mengurangi penerangan hingga 5 %. Sayang, kan?

2. Kalau biasanya kita mengeringkan rambut dengan hairdryer, coba deh keringkan dengan kipas angin yang ada di kamar. Cukup dengan berdiri di depan kipas, sisir rambut, dan sedikit dikibaskan. Selain lebih hemat, rambut kita juga makin sehat karena tidak "dipanaskan".


3. Pasang air conditioner (AC) di kamar kita pada suhu sejuk (sekitar 21 sampai 24 derajat celcius). Lalu tutup rapat semua celah seperti pintu dan jendela. jangan biarkan ada celah yang terbuka, soalnya ini akan membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan kamar kita artinya akan memakai lebih banyak energi listrik.

4. Segera cabut charger baterai kita (handphone, kamera, dan music player) dari sumber listriknya bila baterai sudah penuh. Supaya listrik yang kita pakai enggak terbuang percuma. Dan yang tidak kalah penting, baterai pun bisa awet karena tidak sampai over-charged.

5. Sebaiknya kurangi frekuensi membuka lemari es di rumah. Pasalnya, setiap kali kita membuka pintunya, dibutuhkan energi yang besar dan waktu sekitar 3 menit untuk mengembalikan suhu dan lemari es menjadi dingin. Begitu juga ketika memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas. Sebaiknya, biarkan dulu sampai suhunya normal sebelum dimasukkan ke dalam lemari es untuk mendinginkannya.

6. Posisi stand-by, sleep atau hibernate pada gadget kita memang terbukti lebih hemat energi dibandingkan pada posisi "on". Karena, "hanya" memakan listrik sebesar 75 sampai 100 watt. Tapi, bakalan lebih hemat lagi kalau kita mematikan dan mencabut saklar listrik apabila akan meninggalkan gadget ini. Di inggris saja, biaya listrik bisa mencapai 1 milyar poundsterling setiap tahunnya karena banyak alat elektronik dalam posisi stand-by.

Sumber : Majalah gadis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar