Sabtu, 27 Februari 2010

Selamatkan Hutan Indonesia




Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai kekayaan alam yang beragam, yang salah satunya merupakan tempat dari tumbuhnya hutan yang terluas di seluruh asia.

Betapa tidak sebagian besar hutan yang ada di Indonesia adalah hutan hujan tropis, yang tidak saja mengandung kekayaan hayati flora yang beranekaragam, tetapi juga termasuk ekosistem terkaya didunia sehubungan dengan keanekaan hidupan liarnya. Indonesia memiliki kawasan hutan hujan tropis yang terbesar di Asia-Pasific, yaitu diperkirakan 1,148,400 kilometer persegi. Hutan Indonesia termasuk yang paling kaya keaneka ragaman hayati di dunia. Hutan Indonesia dikenal sebagai hutan yang paling kaya akan spesies palm (447 spesies, 225 diantaranya tidak terdapat dibagian dunia yang lain), lebih dari 400 spesies dipterocarp (jenis kayu komersial yang paling berharga di Asia tenggara), dan diperkirakan mengandung 25,000 species tumbuhan berbunga. Indonesia juga sangat kaya akan hidupan liar: terkaya didunia untuk mamalia (515 spesies, 36% diantaranya endemik), terkaya akan kupu-kupu swalowtail (121 spesies, 44% diantaranya endemik), ketiga terkaya didunia akan reptil (ada lebih dari 600 spesies), keempat terkaya akan burung (1519 spesies, 28% diantaranya endemik) kelima untuk amphibi (270 spesies), dan ketujuh untuk tumbuhan berbunga (sumber : Tun Kelana Jaya).

Namun sekarang kekayaan hutan kita sudah mulai menuju kepunahan, luasnya semakin lama semakin menciut, hutan-hutan di Indonesia mengalami penyusutan dengan angkat yang mengkhawatirkan setiap tahunnya. Pada periode 1997–2000, ditemukan fakta baru bahwa penyusutan hutan meningkat menjadi 3,8 juta hektar per tahun. Dua kali lebih cepat ketimbang tahun 1980. Ini menjadikan Indonesia merupakan salah satu tempat dengan tingkat kerusakan hutan tertinggi di dunia. Di Indonesia berdasarkan hasil penafsiran citra landsat tahun 2000 terdapat 101,73 juta hektar hutan dan lahan rusak, di antaranya seluas 59,62 juta hektar berada dalam kawasan hutan (Badan Planologi Dephut, 2003). Hal ini dikarenakan bnyak terjadi penebangan dan pembakaran hutan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan digunakan oleh mereka untuk kepentingan bisnis. Sangat disayangkan mengingat begitu banyaknya manfaat yang dihasilkan oleh hutan. Belum lagi hewan-hewan yang habitatnya dihutan yang terancam tidak mempunyai tempat tinggal dan terancam mengalami kepunahan. Mungkin dampaknya tidak langsung terasa sekarang, tapi bagaimana untuk puluhan-puluhan tahun berikutnya, untuk kehidupan anak cucu kita. Apakah kita memikirkannya?

Ini bukan hanya tugas pemerintah tapi juga tugas seluruh rakyat Indonesia, kita harus lebih peduli terhadap kelestarian alam negara tercinta kita ini, dengan saling bahu-membahu dalam menyelamatkan hutan kita mungkin masalah ini akan cepat teratasi. Mungkin dengan hal-hal yang kecil seperti program yang sedang dicanangkan dengan menanam 1 pohon 1 orang, dengan cara ini setidaknya kita sudah peduli dan mau terus merawat dan melestarikan alam ini.
sumber :
Tun Kelana Jaya
http://punyaocha.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar